Biografi Al-Hafidz Al-Mizzi Asy-Syafi’i

Al-Hafidh al-Mizzi رحمه الله adalah seorang ulama besar ahlus Sunnah bermadzhab Syafi’i.

Nama lengkapnya adalah Yusuf bin az-Zaki Abdurrahman ad-Dimasyqi.

Biografi beliau dapat kita temui dalam kitab Thabaqat Syafi’iyah al-Kubra karya Tajudin as-Subki رحمه الله, juga kitab Thabaqat al-Huffazh karya imam Jalaludin as-Suyuti رحمه الله dan kitab-kitab lainnya.

Beliau adalah mertua sekaligus guru dari imam ibnu Katsir رحمه الله dan juga imam adz-Dzahabi رحمه الله serta As Subki رحمه الله.

Karyanya yang paling besar adalah kitab Tahdzib al-Kamal fii Asma ar-Rijal (dan juga al-Athraf), yang dianggap sebagai salah satu kitab yang terbaik dalam penulisan biografi para periwayat hadits.

Imam as-Subki رحمه الله menyebut beliau sebagai salah seorang diantara ulama-ulama hadits yang paling terkenal di zamannya dan dia tidak pernah melihat orang yang lebih hafidz dari 4 orang.  Salah satunya adalah beliau.

Biogragi Al Mizzi disebutkan dalam jajaran Huffadz oleh Az Zahabi yang juga merupakan muridnya dalam Kitab yang bernama Tazkiratul Huffadz. Beliau menyebutkan:

“Guru kami Al Imam Al alim yang sholeh dan Hafidz. Salah seorang Muhaddits syam Jamaluddin Abu al Hajjâj Yusuf bin Zaki Abdurrahman bi Yusuf al Qadhâi Al kalbi Al Dimasqi Al Syafi’i.”

Lahir di tengah kota Halab pada tahun 656 Hijriah dan tumbuh di Mizzah. Hafal qur’an dan mulai ahli fiqih kemudian mencapai ketinggian derajat keahlian. Beliau belajar kitab al Hilyah seluruhnya dan banyak kitab lain kepada ibnu Abi al Khair tahun 705 Hijriah. Beliau juga Belajar Musnad, Kutubussittah, Mu’jam tabrani, dan beberapa bagian ath Thibrizadiyah dan al Kindiyah. Beliau belajar Shohih Muslim dari al Irbilî kemudian melakukan rihlah pada tahun 683 Hijriah lalu belajar dari al Izz al Harrânî, ibnu al anmâthî, Ghazy, dan yang selevel dengan mereka. Beliau belajar di dua tanah haram, halab, Hamat, ba’labak, dll.

Mengarang Kitab Tahzib al kamal fi ma’rifati al rijal sejumlah 200 bagian. Beliau juga mengarang kitab al Athraf (al Asyraf fi ma’rifatil Athraf, red) sebanyak 80 bagian lebih dan mentakhrijnya untuk dirinya sendiri kemudian mendiktekkan dan menjelaskan kemusykilan dan detil-detilnya di beberapa majlis sehubungan dengan pengetahuannya yang mendalam terhadap ilmu hadits dan rijalnya. Dia juga menggantikan beberapa syaikh diantara di Madrasah al Asyrafiyyah.

Dia adalah orang yang tsiqah, sumber ilmu yang banyak, baik akhlaknya, banyak diam, sedikit berbicara, bagus logatnya dan tidak memilki kecendrungan kepada hawa nafsu, mengetahui dan menukil thabaqah ketika menyampaikan hadits. Sepertinya Ia sama sekali tidk asing dengan apa yang ia baca dan bahkan ia mengaitkan sanad-sanad dengan matan secara baik dan berfaidah yang membuat takjub jamaah yang mendengarnya. Beliau Tawadhu, pemurah, sabar, sederhana dalam berpakain dan makan dan banyak menempuh kebaikan.

Beliau banyak bersama dengan ibnu Taimiyah dalam belajar hadits dan melakukan penelitian ilmiah. Beliau juga menetapkan yang ditempuh salaf dalam sunnah lalu menggunakannya untuk memperkuat untuk membahas penelitian-penelitian ilmiah dan Kaidah-kaidah. Allahu a’lam [sumber]

2 Responses to Biografi Al-Hafidz Al-Mizzi Asy-Syafi’i

  1. Ping-balik: Madzhab Syafi’i « Download Ebook Islam: Aqidah, Qur'an, Tafsir, Hadits, Fiqh

  2. Ping-balik: Madzhab Syafi’i | Download eBook Islam

%d blogger menyukai ini: