Ayat Kursi: Dzikir di 8 Tempat

Keutamaan Ayat Kursi:

Dari Ubay bin Ka’ab رضي الله عنه, katanya: “Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:

يا أَبا الـمُـــنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيةٍ مِن كتاب اللَّهِ معكَ أَعْظَمُ ؟

“Hai Abul Mundzir, adakah engkau mengetahui, ayat manakah dari Kitabullah – yakni al-Quran – yang ada besertamu itu yang teragung?

قُلْتُ : اللَّه لا إِلهَ إِلاَّ هُو الحَيُّ الْقَيُّومُ

Saya lalu menjawab:  “Yaitu Allahu la ilaha ilia huwal hayyul qayyum, (Ayat Kursi).

فَضَربَ في صَدْري وَقَال : لِيهْنكَ الْعِلْمُ أَبَا المــُنذِرِ

Beliau صلي الله عليه وسلم lalu menepuk-nepuk dadaku dan bersabda: “Semoga engkau mudah memperoleh ilmu, hai Abul Mundzir.” (HR. Muslim)

8 Tempat Ayat Kursi Dibaca Sebagai Dzikir:

  • 1 s/d 5 setiap selesai sholat wajib
  • 6 dan 7 dzikir pagi dan sore
  • 8 dzikir sebelum tidur

Demikianlah ayat yang mulia ini paling tidak dibaca di 8 tempat setiap harinya atau di 6 tempat bagi yang berpendapat boleh digabungkannya bacaan ayat kursi pada dzikir setelah sholat subuh dan dzikir pagi serta digabungkannya setelah sholat ashar dan dzikir sore.

Untuk dzikir pagi dan petang serta dzikir setelah sholat silahkan download ebooknya disini, dan dzikir tidur silahkan download eBook Adab Tidur.

Teks Ayat Kursi:

اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al-Baqoroh [2]:  255)[]

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: