Syarah Doa Ketika Marah

Dengan kata lain, apa yang harus Anda katakan ketika sedang marah.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”[1]

Shahabat yang meriwayatkan hadits ini adalah Sulaiman bin Shurad Radhiyallahu Anhu.

Seutuhnya hadits ini adalah ungkapannya Radhiyallahu Anhu,

كُنْتُ جَالِسًا مَعَ رَسُلولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَجُلاَنِ يَسْتَبَّانِ وَأَحَدُهُمَا قَدِ احْمَرَّ وَجْهُهُ وَانْتَفَخَت أَوْدَاجَهُ فَقَالَ رَسُلولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي لَأَعْلَمُ كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا لَذَهَبَ عَنْهُ مَا يَجِدُ لَوْ قَالَ أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ذَهَبَ عَنْهُ مَايَجِدُ

“Aku sedang duduk bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Tiba-tiba muncul dua orang yang saling mencerca. Yang satu telah memerah wajahnya dan mengembang urat lehernya. Sehingga Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Sesungguhnya aku akan ajarkan suatu kalimat jika dia mengucapkannya pasti akan hilang apa yang ada padanya itu.'”

Ungkapan يَسْتَبَّانِ artinya ‘dua orang yang saling mencerca’.

Ungkapan أَوْدَاجَهُ ‘urat leher’ adalah bentuk jamak dari وَدَج yaitu urat-urat yang mengelilingi leher yang dipotong orang menyembelih. Sedangkan وَدَجانِ adalah dua buah urat besar pada dua sisi di bagian atas dada.

Dalam hadits ini dalil yang menunjukkan bahwa sesuatu yang membangkitkan kemarahan pada manusia adalah syetan, dan dengan berlindung kepada Allah Ta’ala adalah cara mengusirnya dan menghilangkan apa-apa yang semua ada padanya.

Yang dimaksud dengan kemarahan di sini adalah kemarahan yang bukan karena Allah Ta’ala, sedangkan jika karena Allah Ta’ala, maka yang demikian adalah terpuji.[]

Disalin dari Syarh Do’a dan Dzikir Hishnul Muslim oleh Madji bin Abdul Wahhab Ahmad dengan Korektor Syaikh Dr. Sa’id bin Ali Wahf Al-Qahthani, terbitan Darul Falah Jakarta, Hal. 471-472.


[1]    Al-Bukhari, (7/99), no. 6048; dan Muslim, (4/2015), no. 2610.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: