Syarah Dzikir Pagi dan Petang (12)

بِسْمِ اللهِ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي اْلأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. (ثَلاَثَ مَرَّاتٍ)

“Dengan nama Allah yang bila disebut segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya. Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Dibaca tiga kali). [1]

Shahabat yang meriwayatkan hadits ini adalah Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu.

Disebutkan dalam hadits,

أَنْ مَنْ قَالَهَا ثَلاَثًا إِذَا أَصْبَحَ وَ ثَلاَثًا إِذَا أَمْسَى، لَـمْ يَضُرَّهُ شَيْءٍ

“Bahwa orang yang mengucapkannya tiga kali di pagi hari dan tiga kali di sore hari, maka tiada sesuatu apa pun yang membahayakannya.”

Ungkapan بِسْمِ اللهِ ‘dengan nama Allah’, maksudnya dengan nama Allah aku berlindung.

Ungkapan مَعَ اسْمِهِ ‘dengan nama-Nya’, dengan kata lain, dengan dibarengi nama-Nya.

Ungkapan وَلاَ فِي السَّمَاءِ ‘segala sesuatu di langit’, dengan kata lain, dengan nama-Nya tidak akan ada sesuatu yang membahayakan baik di langit, yakni bahwa sebagaimana penghuni bumi dalam keamanan dan keselamatan karena berkah nama Allah Ta’ala dan penyertaan dengan-nya. Demikian juga penghuni langit, dan semua yang disertai dengan nama Allah dan melazimkannya, maka tidak akan ada sesuatu apa pun yang membahayakannya. Atau maknanya sesuatu yang tidak berbahaya dengan nama-Nya dari arah bumi atau dari arah langit.

Ungkapan وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ‘dan Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui’, dengan kata lain, Maha Mendengar segala apa yang terdengar dan Maha Mengetahui segala sesuatu.[]

Disalin dari Syarh Do’a dan Dzikir Hishnul Muslim oleh Madji bin Abdul Wahhab Ahmad dengan Korektor Syaikh Dr. Sa’id bin Ali Wahf Al-Qahthani, terbitan Darul Falah Jakarta, Hal. 270-271.


[1]     Ditakhrij Abu Dawud, (4/323), no. 5088 dan 5089; At-Tirmidzi, (5/465), no. 3388; Ibnu Majah, no. 3869; Ahmad, (1/72); dan lihat Shahih Ibnu Majah, (2/332). Al-Allamah Ibnu Baaz menghasankan isnadnya dalam kitab Tuhfah Al-Akhyar (hlm. 39).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: