Biografi Imam Ath-Thahawi

Beliau رحمه الله adalah seorang Imam pakar penghafal hadits. Nama beliau, Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad bin Salaamah bin Sallamah bin Abdil Malik Al-Azdi Al-Hajari Al-Mishri Ath-Thahawi Al-Hanafi. Dilahirkan di Buthha, sebuah desa di negeri Mesir, yang sekarang ini masuk wilayah muhafadzah (setingkat kabupaten) Al-Meniya.

Beliau dilahirkan pada tahun 239 H, ada juga yang mengatakan 237 H. Dibesarkan di rumah kediaman yang penuh ilmu dan keutamaan. Ayahnya adalah seorang ulama. Sedangkan pamannya, Al-Imam Al-Muzanni, sahabat Al-Imam Asy-Syafi’ie yang juga membantu meyebarluaskan ilmu beliau.

Al-Imam Ath-Thahawi belajar dari pamannya sendiri Al-Muzanni dan mendengar periwayatan pamannya dari Al-Imam Asy-Syafi’ie رحمه الله. Tatkala beliau menginjak usia dua puluh tahun, beliau meninggalkan madzhab Al-Imam Asy-Syafi’ie, dan beralih ke madzhab Al-Imam Abu Hanifah. Ada yang menceritakan, bahwa sebab perpindahan madhzab beliau itu, karena beliau melihat bahwa pamannya selalu menelaah kitab-kitab Abu Hanifah. Tapi ada juga yang menceritakan, bahwa sebabnya justru karena Al-Imam Al-Muzanni pernah berkata kepadanya: “Demi Allah, tak ada ilmu yang bermanfaat sedikitpun yang datang darimu.” Karena ucapan itu beliau marah lalu beralih ke madzhab Abu Hanifah. Tatkala beliau menyelesaikan tulisan ringkas beliau dalam masalah fikih, beliau berkata: “Semoga Allah merahmati Abu Ibrahim. Seandainya beliau masih hidup, beliau pasti membatalkan sumpah beliau itu.”

Di antara guru-guru beliau selain pamannya, Al-Muzanni; juga Al-Qadhi Abu Ja’far Ahmad bin Imran Al-Baghdadi, Al-Qadhi Abu Khazim Abdul Hamid bin Abdul ‘Aziz Al-Baghdadi, Yunus bin Abdul Ala Al-Mishri dan lain-lain.

Di antara murid-murid beliau: Abu Bakar Ahmad bin Muhammad bin Manshur, Ahmad bin Al-Qasim bin Abdillah Al-Baghdadi yang dikenal dengan Ibnul Khasysyab Al-Hafizh, Abui Hasan Ali bin Ahmad Ath-Thahawi dan lain-lain.

Imam Ath-Thahawi adalah orang berilmu yang memiliki keutamaan. Beliau menguasai sekaligus Ilmu fikih dan hadits, serta cabang-cabang keimuan lainnya. Beliau menjadi wakil dari Al-Qadhi Abu Abdillah Muhammad bin ‘Abdah, seorang qadhi di Mesir.

Di antara hasil karya tulis beliau: “Syarhu Ma’ani Al-Aatsar, Syarhu Musykili Al-Aatsar, Mukhtashar Ath-Thahawi” dalam fikih Hanafi dan lain-lain.

Ibnu Yunus memberi pernyataan tentang beliau: “Beliau orang yang bagus hafalannya dan tepercaya, alim, jenius dan tak ada yang dapat menggantikan beliau.”

Ibnul Jauzi dalam “Al-Muntazham” menyatakan: “Seorang penghafal yang tepercaya, bagus pemahamannya, alim dan jenius.”

Imam Ibnu Katsir juga menyatakan dalam “Al-Bidayah wa An-Nihayah”. Beliau adalah salah seorang penghafal yang tepercaya sekaligus pakar penghafal hadits.

Beliau wafat pada tahun 321 H, pada awal bulan Dzul-Qa’dah dalam usia delapan puluh tahun lebih.


Disalin dari Tahdzib Syarh Aqidah Ath-Thawiyah, Terbitan: At-Tibyan Solo, hal. 24-25

Tinggalkan komentar