Doa Masuk Kamar Kecil

BERLINDUNG DARI SETAN SAAT MASUK KAMAR KECIL
Oleh: Ust. Mukhlis Abu Dzar خفظه الله

Dari Sahabat Anas bin Malik رضي الله عنه berkata: Rosululloh صلى الله عليه وسلم apabila masuk ke kamar kecil beliau mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْـخُبُثِ وَالْـخَبَائِثِ

“Dengan nama Alloh. Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan perempuan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

PENJELASAN KATA-KATA

1. Berkata Imam Nawawi: “Kata (الْـخُبُثِ) bisa dibaca dengan men-sukun huruf ba’ yaitu (الْـخَبَائِثِ).”

2. Berkata Ibnu Hajar al-Asqolani: “Kata (الْـخُبُثِ) adalah bentuk jama’ dari (الْـخَبِيْثُ) artinya setan laki-laki.

Sedangkan kata (الْـخَبَائِثِ) adalah bentuk jama’ dari (خَبِيْثَةٌ) artinya setan perempuan.” (Fathul Bari 1/320)

FAEDAH DO’A:

  1. Ibnu Hajar al-Asqolani berkata: “Doa ini diucapkan ketika hendak masuk ke kamar kecil, bukan di dalamnya.” (Fathul Bari 1/321).
  2. Larangan menyebut-nyebut nama Alloh عزّوجلّ di dalam kamar kecil dan tidak membawa benda-benda yang bertuliskan nama-nama Alloh ke dalamnya. Berkata Abdulloh bin Abi Hudzail: “Sesungguhnya Alloh menyukai jika namanya disebut di pasar dan di mana saja kecuali di kamar kecil.” (al-Wabilush Shoyyib 1640)
  3. Dari Sahabat Ali رضي الله عنه berkata: Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda: “Penutup (tirai) antara jin dan aurat anak Adam jika ia masuk kamar kecil adalah ucapan “Bismillah”. (HR. Ibnu Majah 297, dan dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shohih Sunan At-Ttrmidzi 1/332)
  4. Setan ada dua jenis, laki-laki dan perempuan.
  5. Adapun do’a tatkala telah keluar kamar kecil ialah (غُفْرَانَكَ) artinya: “Aku memohon ampunan kepada-Mu.” (HR. Bukhori dalam Adabul Mufrod 693, Abu Dawud 30, Tirmidzi 7, dan dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shohih Sunan Abi Dawud 1/119 [lihat Takhrij Zadul Ma’ad 2/387])
  6. Berkata Ibnul Qoyyim رحمه الله: “Tatkala kita telah mem-bersihkan lahiriah dengan membuang kotoran-kotoran dari badan kita, maka sepantasnyalah kita membersihkan hati kita dari kotoran-kotoran dosa kita dengan meminta ampun kepada Robb kita dengan membaca (غُفْرَانَكَ).”

Disalin dari Majalah al-Mawaddah Ed.12 Th. Ke-2, Rojab 1430 H_2009, Rubrik Benteng Diri Muslim, hal.20.

Download:
Berlindung dari Setan saat Masuk Kamar Kecil: DOC atau PDF

3 Responses to Doa Masuk Kamar Kecil

  1. Ping-balik: Dzikir Keluar WC « Doa dan Dzikir

  2. Ping-balik: Syarah: Doa Masuk WC « Doa dan Dzikir

  3. Ping-balik: Syarah: Doa Keluar WC « Doa dan Dzikir