Syarah Bacaan Untuk Menolak Gangguan Setan

APA YANG HARUS DIUCAPKAN UNTUK MENOLAK TIPU DAYA PARA SYETAN YANG JAHAT

 

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ الَّتِيْ لاَ يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلاَ فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ، وَبَرَأَ وَذَرَأَ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيْهَا، وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي اْلأَرْضِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا، وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إِلاَّ طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَانُ

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, yang tidak akan melampaui (kalimat ini) orang baik dan orang durhaka dan kejahatan apa yang diciptakan dan dijadikan-Nya, dan kejahatan apa yang turun dari langit dan yang naik ke dalamnya, dan kejahatan yang tumbuh di bumi dan yang keluar daripadanya, dan kejahatan fitnah-fitnah malam dan siang, serta dari kejahatan-kejahatan semua pengetuk (yang datang di waktu malam), kecuali dengan tujuan baik, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih.”[1]

Shahabat  yang  meriwayatkan hadits ini adalah Abdurrahman bin Khunais Radhiyallahu Anhu.

Di dalamnya disebutkan,

أَنَّ رَجُلً سَأَلَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ خُنَيْشٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فَقَالَ: كَيْفَ صَنَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ كَادَتْهُ الشَّيَاطِينُ ؟ قَالَ: انْـحَدَرَتِ الشَّيَاطِينُ مِنَ الأَوْدِيَةِ وَالشِّعَابِ يُرِيدُونَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَهَمَّ شَيْطَانٌ مَعَهُ شُعْلَةٌ مِنْ نَارٍ يُرِيدُ أَنْ يَحْرِقَ بِـهَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا رَآهُمْ فَزَعَ ، فَجَاءَهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَقَالَ : يَا مُحَمَّدٍ ، قُلْ

“Bahwasanya seorang pria bertanya kepada Abdurrahman bin Khunais Radhiyallahu Anhu dengan berkata, ‘Apa yang dilahukan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ketika diperdaya syetan-syetan? Maka, dia menjawab, ‘Para syetan itu turun dan sernua lembah dan jalan setapak menghendaki Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Syetan dengan nyala api hendah membakar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dengannya. Ketika beliau melihat mereka terkejut. Sehingga datanglah Jibril Alaihissalam, lalu berkata, ‘Wahai Muhammad, ucapkanlah …’.”

Ungkapan لاَ يُجَاوِزُهُنَّ ‘yang tidak diterobos‘, dengan kata lain, tidak melampauinya.

Ungkapan بَرٌّ ‘orang baik‘, dengan kata lain, orang bertakwa.

Ungkapan وَمِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ ‘juga dari kejahatan apa yang turun dari langit‘ dengan kata lain, berbagai hukuman seperti petir dan hujan.

Ungkapan وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيْهَا ‘dari kejahatan apa-apa naik di dalamnya‘, yakni berupa berbagai amal buruk yang pasti akan menimbulkan hukuman.

Ungkapan وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي اْلأَرْضِ ‘dari kejahatan semua makhluk yang telah diciptakan di muka bumi‘ dengan kata lain, dari kejahatan apa-apa yang telah diciptakan di atas permukaannya, seperti binatang buas jin.

Ungkapan وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا ‘dari kejahatan apa-apa yang keluar darinya‘, dengan kata lain dari kejahatan apa-apa yang telah diciptakan, dalam perutnya, seperti: berbagai macam serangga dan binatang berbisa.

Ungkapan وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ ‘dari kejahatan fitnah-fitnah di malam dan siang hari‘ dengan kata lain, dari kejahatan apa-apa yang terjadi dalam keduanya.

Ungkapan وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ ‘dan dari kejahatan semua pengetuk‘, dengan kata lain dari kejahatan apa-apa yang datang berupa berbagai musibah pada malam hari.[]

Disalin dari Syarh Do’a dan Dzikir Hishnul Muslim oleh Madji bin Abdul Wahhab Ahmad dengan Korektor Syaikh Dr. Sa’id bin Ali Wahf Al-Qahthani, terbitan Darul Falah Jakarta, Hal. 595-597.


[1]  Ahmad, (3/419) dengan isnad shahih, Ibnu As-Sunni, no 6.17 Isnadnya dishahihkan Al-Arnauth dalam kitab takhrijnya karya Ath-Thahawiah, (hlm. 133). Lihat Majma Az-Zawaid, (10/127).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: